[Review] Agent of Shield S4E5: Self Control - Akhir Arc LMD

Episode kali ini membawa kita ke alternatif story akan para Agent of The Shield. Spoiler Alert!!



Agent of Shield arc kedua musim ini yaitu LMD memberikan sebuah fakta terbaru bahwa dunia MCU sudah sangat berbeda dengan yang dulu. Setelah pada awal musim arc, Agent of Shield berhadapan dengan seorang "hantu tengkorak terbakar" yang mengincar para penjahat dan membuat mereka melihat "dosanya" (penetrate stare) pada arc kedua kali ini kita diperkenalkan dengan robot replika manusia yang mampu memiliki semua kenangan manusia yang ditirunya. Life Model Decoy atau disingkat LMD merupakan judul arc kedua Agent of Shield setelah pada episode final arc Ghost Rider sebelumnya Radcliffe berhasil mendapatkan Darkhold dengan mengorbankan LMD kedua AIDA untuk membawa Darkhold ke tangan Radcliffe. Dengan Darkhold ditangan Radcliffe, AIDA kemudian dapat mempelajari kembali untuk membangun sebuah dunia impian di pikiran manusia yaitu sebuah framework, dunia dimana hal yang tidak dapat manusia lakukan di dunia nyata dapat diwujudkan di framework ini.

Agent of Shield season 4 , episode 5: "Self Control"

Episode dibuka dengan adegan dimana para Agent of Shield (Coulson, Mace, Mack dan May) terperangkap dalam framework dibawah pengawasan AIDA. AIDA memberitahu bahwa Anton Ivanov bahwa dia membutuhkannya hidup, tetapi Anton Ivanov menginginkan kematian. AIDA memotong tangan Ivanov dan mengatakannya bahwa ini untuk ilmu pengetahuan.


Setelah mengetahui bahwa teman mereka yang kembali dari misi tersebut bukanlah asli melainkan LMD, Fitz dan Simmons merasa ketakutan tetapi harus tetapi bersikap normal agar tidak mencurigakan. LMD yang datang ini berbeda dengan LMD Mei dimana LMD Mei sadar bahwa dia adalah Mei tetapi tidak dapat juga berkhianat terhadap Radclife, berbeda dengan LMD Coulson yang telah diatur sedemikian rupa agar tetapi pro-terhadap Radcliffe yang memujinya karna telah membangun sebuah framework.

Coulson dan direktur Mace memberi perintah kepada Quake untuk mengumpulkan semua Inhuman dengan niat mengeksekusi mereka semua. Di lain tempat, Simmons mendapati bahwa LMD keempat yang masuk bukanlah Skye melainkan Fitz. Simmons mengusulkan agar Fitz memotong pergelangan tangannya untuk membuktikan bahwa dia nyata dan Fitz menusuk Simmons.

Daisy LMD Clone
Pada saat pergi ke modul penahanan, Daisy mendapati bahwa ada puluhan kloningan dirinya didalam sana. Mace kemudian menyuruh Mack untuk mencari Daisy, tetapi Daisy terlebih dahulu melumpuhkan Mack. Setelah melumpuhkan Mack dan kabur dari kejaran para agent, Daisy bertemu dengan Simmons yang terluka cukup parah dan mereka bekerja sama keluar dari markas tersebut dan menyelamatkan agent lain yang saat ini berapa di framework.

Dilain tempat, AIDA menjelaskan kepada Radcliffe bahwa ada sebuah paradoks dalam pemogramannya. Dia merupakan pelindung bagi framework tetapi Radcliffe merupakan ancaman besar bagi framework. Ketika Radcliffe menjelaskan maksud dari paradox tersebut, AIDA lalu melukai pergelangan tangan Radcliffe dan memaksanya kembali masuk ke framework.

Coulson mengatakan kepada para agen bahwa Daisy dan Simmons merupakan LMD dan melakukan pemburuan terhadap mereka. Menyadari mereka menjadi target, Daisy berjanji kepada Simmons bahwa mereka akan menyelesaikan masalah ini. Sementara mereka mencoba kabur, LMD Mei telah menunggu digerbang dengan bomb yang siap diledakkan. Tetapi Mei mengungkapkan bahwa dia tidaklah seperti LMD Coulson, LMD Mei adalah LMD yang siap menolong temannya apapun resikonya. Daisy dan Simmons beserta beberapa agen berhasil kabur menggunakan quinjet tepat setelah LMD Mei meledakan markas
SHIELD.

Alternatif story on framework

Daisy dan Simmons berusaha memasuki framework AIDA dan mencari keberadaan mereka. Kita dapati bahwa di framework, Daisy masih sebagai agen dan Agen Ward masih hidup, Coulson menjadi seorang guru, Fitz seorang miliarder dan Mei menjadi kepala Hydra juga nisan Simmons yang menunjukkan Simmons mati?

Akhir Arc LMD 

Akhir dari arc LMD ini akan membawa kita kesebuah kisah baru didalam framework dimana semua berbanding terbalik seperti Hydra hidup kembali. Kenyataan bahwa Hydra telah besar diframework dan tidak ada SHIELD sepertinya akan membawa kita ke arc terbaru yaitu Agent of Hydra dimana masih dikendalikan oleh AIDA. AIDA sangatlah unik sebagai LMD yang telah membaca Darkhold sehingga memiliki pemikiran-pemikiran sendiri akan dunia ini. Berbeda sekali dengan Ultron yang hanya ingin menghancurkan manusia tanpa mencari solusi dan variabel-variabel tertentu. Bahkan bisa dibilang AIDA jauh lebih pintar sebagai villain dibanding ULTRON.
Alternatif Poster Agent of Shield
Melihat akhir arc ini mengingatkan kita akan film The Matrix seperti jika anda mati dalam virtual reality, maka kau akan mati didunia nyata. Fans pasti bertanya-tanya akan takdir Simmons pada akhir arc ini. Agent of Shield akan break selama 6 minggu yang artinya akan kembali tayang pada April 2017.

 

Previous
Next Post »